Nongkrong DI Republic Cafe

Segmen 23
“Nongkrong di Republic Cafe”

       Tahun 1946 – 1949, Yogyakarta merupakan ibu-kota Republik Indonesia. Saat itu para pemimpin bangsa Indonesia berkumpul di kota ini, yang juga disebut sebagai kota perjuangan. seperti halnya sebuah ibu-kota, Yogyakarta banyak menerima pelajar dari seluruh Indonesia dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara yang baru merdeka. Hampir 20% penduduk produktifnya adalah pelajar dan terdapat 137 perguruan tinggi. Itulah asal-usul kenapa Yogyakarta dikatakan sebagai kota pelajar. Nah, sekarang  kita kembali ke dalam novel, pada malam hari tepatnya pukul 19.00 wib Vino, Kelvin, Faisal, Radit dan Joni sedang asyik nongkrong di Republic Cafe yang berada di jalan Malioboro nomor 62, Yogyakarta. Biasa mereka hanya ingin berkumpul saja dari sibuknya jadwal dan tugas-tugas kuliah semester 2. Sambil membawa laptop mereka juga memesan minuman dan makanan kecil. Di kala itu, Republic Cafe memang ramai di sana juga terdapat turis. Jadi, mereka harus sabar menunggu pesanannya datang. “Sal, dengar-dengar kamu sedang pdkt ya dengan Fina” kata Radit. “Buatku sih, kita temenan saja dulu belum terpikir aku buat pacaran sama Fina” jawab Faisal sambil memainkan laptopnya.
Vino: sejak kapan kamu Sal deket dengan Fina (melihat kondisi sekitar)
Faisal: ya sudah cukup lama, sebelumnya dia juga pernah memberi coklat dan novel buatanya kepada adikku ketika mendapatkan juara dua lomba 100 M begitu.. (tersenyum)
Vino: oh begitu…anak jaman sekarang ada saja ya motifnya (tertawa)
Faisal: ahh kamu bisa saja Vin (tersenyum)
Kelvin: taw nggak Vin, dulu pertama aku ketemu kamu..aku kira kamu anaknya sombong dan suka mainin cewek alias playboy (bercanda)
Vino: (tersenyum) tapi, semua itu sekarang terbantahkan ya….
Kelvin: iya..ternyata anaknya,,,wah nggak bisa diungkapin dengan kata-kata (tertawa)
Vino: makanya jangan menilai orang dari sampulnya…ada juga sampulnya sponsbob tapi hatinya preman…(tertawa)
Kelvin: (tertawa) iya juga Vin….(berkata dengan Vino) Jon btw gimana kabarnya Tiara (tersenyum)
Vino, Kelvin, Faisal dan Radit: (memandang Joni)
Joni: ya alhamdulilah baik…Vin (tersenyum)
Vino: gimana ceritanya kok bisa ketemu Joni….(tersenyum)
Radit: iya..aku yang ngenalin…kasihan soalnya, Tiara habis diselingkuhi cowoknya…tapi, sebelum aku kenalin, mereka sudah ketemu secara nggak sengaja di indomaret (tertawa)
Faisal: wah…mudah-mudahan jodoh ..(tersenyum sambil membalas sms)
Joni: amin…..(sambil bermain game di laptopnya)
Kelvin: oh,,,btw kamu nggak di marahin Vin pulang malam (tersenyum)
Vino: dari kecil hingga sekarang alhamdulilah aku belum pernah liat ortuku marah (tersenyum) bukan berarti aku di anak emaskan…aku sengaja diberi kebebasan dan kepercayaan dan aku selalu bisa menjaga kepercayaan yang diberikan ortuku…asal aku bisa menjalankan kebebasan itu ke arah yang positif…setiap kebebasan pasti ada etika dan normanya ..begitu..
Kelvin: wah..aku setuju Vin….syukur ya…kita semua berada dalam pergaulan yang positif…kan kita tahu sendiri kota Yogya seperti apa…banyak terdapat cafe, club dan diskotik…malah aktivitasnya bisa mencapai 24 jam….
Joni: iya..tapi, itu tergantung dari diri kita sendiri….jangan sampai kita terpengaruh dengan hal-hal yang negatif…dan merugikan kita..(memainkan game di laptopnya)
Radit: betul  kamu Jon…apabila kita bergaul dengan penjual minyak wangi kita juga ikut tertular baunya yang wangi..semua itu pintar-pintar kita bisa memilih lingkungan dan pergaulan ke arah yang positif…(tersenyum)
Vino: alhamdulilah juga ya sob…cewek-cewek kita semuanya baik….
Kelvin: iya…jangan sampai cewek-cewek sebaik itu kita sia-siain apalagi meninggalkannya…(tersenyum)
Vino: ok! sob…sudah seharusnya (memandang Kelvin)
Radit: wah…enak ya jadi kalian..sudah punya cewek masing-masing (tersenyum)
Vino: tenang saja sob…manusia diciptakan berpasang-pasang…ada waktunya kamu dapetin cewek yang kamu butuhkan (menepuk pundak Radit)
Radit: nggak apa-apalah mens…aku belum punya cewek…ada kalian saja sudah cukup buat aku bahagia dan terhibur…
Kelvin: iya bro…kami semua kan jadi sahabat yang baik untukmu..iya nggak semua..
Vino: betul kata Kelvin…(tersenyum)
Joni: iya Dit…pasti kami selalu memberikan yang terbaik untukmu (sambil main game)
Radit: makasih ya sob (memandang sahabatnya dengan senyuman)
Faisal: ( tersenyum)  kalau ada apa-apa cerita saja pasti kami bakal bantu kamu Dit….
Radit: iya sob (tersenyum)
Kelvin: perlu kalian tahu…aku dulu nggak sebaik ini…aku itu waktu SMA dulunya nakal dan sering bolos..sampai-sampai ortuku dipanggil gara-gara ulahku itu (tersenyum) tapi, aku sekarang berubah jadi kayak begini..semenjak kumpul dengan Vino dan kalian semua…(sambil minum kopi yang masih hangat)
Vino: (tersenyum) baguslah…(sambil makan kentang goreng)
Faisal: hidup ini kan terasa indah ..bila diselimuti dengan kepedulian dan cinta..karena itu semua akan melahirkan sebuah kenyaman…jadi, kita harus bersyukur kita masih menjadi pribadi yang baik dan masih ada yang memotivasi serta membimbing kita ke jalan yang benar (memandang ke atas langit)
Joni: iya Sal..kita tahu sekarang sex bebas dimana-mana yang bisa menghancurkan generasi kita…..
Vino: hanya dengan solidaritas yang tinggi yang dapat menepis itu semua….dalam arti yang positif….
Kelvin: maksud kamu saling mengingatkan Vin (tersenyum)
Vino: iya termasuk juga begitu…(memandang orang yang keluar masuk cafe)
       Semua asyik mengobrol sampai mereka lupa waktu, pukul 23.00 wib mereka memutuskan untuk pulang  karena besok mereka seperti biasa berlatih futsal dan mereka harus bangun pagi-pagi. Tentunya masih banyak cobaan-cobaan yang akan menunggu mereka semua. Setiap orang yang hidup harus siap menghadapi cobaan, hidup itu tak selamanya indah. Hanya sebuah persahabatan yang akan membawa kita dalam kebersamaan yaitu kebersamaan dalam menghadapi cobaan-cobaan di dunia ini. Itulah arti sebuah persahabatan suatu hubungan yang mampu membawa kita ke arah yang jauh lebih baik dan bermanfaat. Kita semua punya masa depan, apakah kita mau di kehidupan yang singkat ini kita tidak mendapatkan makna apa-apa? Bahwa sebuah makna datangnya dari sesuatu yang positif dan berguna untuk diri kita sendiri dan orang lain.

minato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s